
Dok. Kegiatan Workshop Koding KA 14 Juli 2025
Prodi Magister Pendidikan Agama Islam UNUGIRI Gandeng Libmi Education Center Jombang Adakan Pelatihan Koding KA bagi Guru SD
Bojonegoro – Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam (MPAI) Pascasarjana Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro bekerja sama dengan Libmi Education Center Jombang mengadakan Pelatihan Koding KA (Kecerdasan Artifisial) bagi para guru Sekolah Dasar (SD) di wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari yakni dari tanggal 14-18 Juli 2025, bertempat di ruang smartclass Pascasarjana UNUGIRI Bojonegoro.
Pelatihan ini diikuti oleh lebih dari 63 guru SD Se-Kabupaten Bojonegoro yang antusias untuk mengembangkan kompetensi di bidang literasi digital dan pemrograman dasar. Program Koding KA dirancang untuk membekali guru dengan keterampilan praktis dalam mengenalkan konsep koding sederhana kepada siswa, sebagai langkah awal menghadapi tuntutan pendidikan abad ke-21.
Kegiatan dibuka langsung oleh Direktur Pascasarjana UNUGIRI Dr. KH. M. Ridlwan Hambali, Lc,MA dan yang menjadi Fasilitator adalah Kaprodi Magister Pendidikan Agama Islam UNUGIRI, Dr. Hamam Burhanudin, M.Pd.I, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen prodi untuk mendorong penguatan literasi digital di lingkungan pendidikan dasar. “Kami berharap para guru SD bisa menjadi agen perubahan dalam mengintegrasikan teknologi dan pembelajaran kreatif di kelas,”
ujarnya.
Dok. Penyampaian Materi Koding KA 2025
Sementara itu, Direktur Libmi Education Center Jombang, Dra. Rini Mustikawati menyampaikan bahwa kolaborasi ini diharapkan dapat memperluas jangkauan program Koding KA dan mempercepat pemerataan literasi teknologi di sekolah-sekolah daerah. Materi pelatihan meliputi pengenalan konsep algoritma dasar, penggunaan aplikasi visual block coding, hingga praktik langsung membuat proyek sederhana.
Kegiatan yang berlangsung sehari penuh ini dikemas dalam bentuk workshop interaktif, di mana peserta tidak hanya mendapatkan teori namun juga langsung mempraktikkan pembuatan media pembelajaran berbasis koding. Di akhir pelatihan, peserta mendapatkan sertifikat sebagai bukti peningkatan kapasitas profesional.
Dengan terlaksananya kegiatan ini, Prodi MPAI UNUGIRI berharap dapat terus menjadi motor penggerak inovasi pendidikan, sekaligus memperluas kontribusi nyata dalam pengembangan guru-guru di era digital.
Penulis : Rima
Editor ; Udin